Penjelasan Skrip:
Skrip Pertama (Atas):
- Blok "when [right arrow] key pressed": Skrip ini akan berjalan saat kamu menekan tombol panah kanan.
- Blok "change x by 10": Ketika tombol panah kanan ditekan, posisi x sprite akan bertambah 10, menggerakkan sprite ke kanan.
Skrip Kedua (Bawah):
- Blok "when [left arrow] key pressed": Skrip ini akan berjalan saat kamu menekan tombol panah kiri.
- Blok "change x by -10": Ketika tombol panah kiri ditekan, posisi x sprite akan berkurang 10, menggerakkan sprite ke kiri.
Langkah-langkah Membuatnya di Scratch:
- Masuk ke Scratch: Buka Scratch dan pilih sprite yang ingin kamu gerakkan.
- Tambah Blok Kontrol:
- Pilih kategori "Events" (Acara) di sisi kiri, lalu tarik blok "when [key] key pressed" ke area kerja.
- Ubah [key] menjadi "right arrow" untuk tombol panah kanan.
- Tambah Blok Pergerakan:
- Pilih kategori "Motion" (Gerakan).
- Tarik blok "change x by [10]" dan sambungkan di bawah blok acara tadi.
- Ulangi langkah 2 dan 3 untuk membuat skrip untuk panah kiri, namun ganti nilai x menjadi -10.
- Jalankan Program: Tekan tombol panah kanan dan kiri pada keyboard untuk melihat sprite bergerak sesuai perintah.
Dengan skrip ini, sprite akan bergerak ke kanan saat kamu menekan tombol panah kanan, dan ke kiri saat kamu menekan tombol panah kiri.
Penjelasan Skrip:
Blok "when [green flag] clicked": Skrip ini akan dimulai ketika kamu mengklik bendera hijau di Scratch.
Blok "set [Score] to 0": Skrip ini akan mengatur variabel Score ke angka 0 pada awal permainan.
Blok "show": Ini akan memastikan sprite terlihat di layar.
Blok "forever": Semua blok di dalam blok ini akan diulang terus-menerus selama permainan berlangsung.
Blok "move [10] steps": Sprite akan bergerak sejauh 10 langkah dalam arah yang ditentukan.
Blok "if on edge, bounce": Jika sprite mencapai tepi layar, sprite akan memantul kembali ke arah yang berlawanan.
Blok "if [touching Ball] then": Jika sprite menyentuh objek "Ball" (bola), maka kondisi ini akan terpenuhi.
Blok "change [Score] by 1": Jika sprite menyentuh bola, maka nilai Score akan bertambah 1.
Fungsi Skrip:
Skrip ini membuat sprite bergerak di layar, memantul ketika menyentuh tepi, dan menambah skor setiap kali sprite menyentuh objek bola. Skor akan di-reset menjadi 0 setiap kali permainan dimulai (saat bendera hijau diklik).
Langkah-langkah Membuatnya di Scratch:
- Mulai dengan Bendera Hijau: Tambahkan blok "when [green flag] clicked".
- Atur Skor: Tambahkan blok "set [Score] to 0" untuk mengatur ulang skor di awal.
- Tampilkan Sprite: Gunakan blok "show" untuk memastikan sprite terlihat.
- Tambahkan Gerakan: Di dalam blok "forever", tambahkan "move [10] steps" untuk menggerakkan sprite.
- Pantul di Tepi: Tambahkan blok "if on edge, bounce" untuk memantulkan sprite ketika mencapai tepi.
- Cek Sentuhan: Tambahkan kondisi "if [touching Ball] then" dan di dalamnya blok "change [Score] by 1" untuk menambah skor ketika sprite menyentuh bola.
Dengan skrip ini, kamu bisa membuat permainan sederhana di mana pemain harus menggerakkan sprite untuk menyentuh bola dan mendapatkan skor.
Penjelasan Skrip:
Blok "when [space] key pressed": Skrip ini akan dimulai ketika kamu menekan tombol spasi pada keyboard.
Blok "show": Menampilkan sprite di layar jika sebelumnya tersembunyi.
Blok "go to [pesawat]": Memindahkan sprite ke posisi sprite lain yang bernama "pesawat" di layar.
Blok "repeat until [touching edge]": Mengulangi tindakan di dalamnya hingga sprite menyentuh tepi layar.
Blok "change y by [10]": Menggerakkan sprite ke atas sebesar 10 langkah pada sumbu y dalam setiap pengulangan.
Blok "hide": Menyembunyikan sprite dari layar setelah pengulangan selesai.
Fungsi Skrip:
Skrip ini membuat sprite muncul di layar ketika kamu menekan tombol spasi, bergerak ke atas (sumbu y) hingga menyentuh tepi layar, dan kemudian menghilang dari pandangan.
Langkah-langkah Membuatnya di Scratch:
- Mulai dengan Tombol Spasi: Tambahkan blok "when [space] key pressed".
- Tampilkan Sprite: Gunakan blok "show" untuk memastikan sprite terlihat di layar.
- Pindahkan ke Posisi Awal: Gunakan blok "go to [pesawat]" untuk memindahkan sprite ke posisi yang sama dengan sprite lain yang bernama "pesawat".
- Pengulangan Gerakan: Di dalam blok "repeat until [touching edge]", tambahkan blok "change y by [10]" untuk menggerakkan sprite ke atas sampai menyentuh tepi.
- Sembunyikan Sprite: Setelah sprite menyentuh tepi, tambahkan blok "hide" untuk menyembunyikan sprite.
Dengan skrip ini, kamu bisa membuat sprite bergerak ke atas dari posisi pesawat hingga keluar layar saat tombol spasi ditekan.
Jika ada pertanyaan kalian boleh bertanya di kolom komentar dibawah ini,
Tidak ada komentar
Posting Komentar