Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT Media Lab. Ini dirancang untuk membantu orang, terutama anak-anak, belajar tentang konsep dasar pemrograman dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
Fitur utama Scratch:
Blok Kode Visual: Alih-alih menulis kode dalam bahasa pemrograman teks, Scratch menggunakan blok kode yang dapat diseret dan digabungkan. Setiap blok mewakili perintah atau fungsi tertentu, seperti pergerakan, suara, atau kontrol.
Antarmuka Drag-and-Drop: Pengguna dapat mengatur blok kode dalam urutan yang diinginkan dengan metode drag-and-drop. Ini memudahkan visualisasi alur program dan membuat pemrograman lebih intuitif.
Proyek Kreatif: Scratch memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis proyek, seperti animasi, permainan, dan cerita interaktif. Ini memberi kebebasan untuk bereksperimen dan berkreasi.
Komunitas Online: Scratch memiliki platform online di mana pengguna dapat membagikan proyek mereka, melihat karya orang lain, dan berkolaborasi. Ini membangun komunitas belajar yang aktif dan mendukung.
Pendidikan dan Pembelajaran: Scratch dirancang untuk pendidikan, dengan banyak materi pelajaran dan tutorial yang tersedia untuk membantu pemula belajar tentang logika pemrograman, algoritma, dan konsep komputer lainnya.
Secara keseluruhan, Scratch adalah alat yang sangat berguna untuk mengenalkan konsep pemrograman dasar kepada orang-orang dari berbagai usia dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.
Apa itu Blok Kontrol di Scratch?
Blok kontrol merupakan salah satu dari 9 Kategori Blok di Scratch . Fungsi blok kontrol adalah untuk mengontrol pergerakan sprite dalam kondisi tertentu, yang dapat dilakukan dengan memasukkan pernyataan kondisional, loop, pengulangan, dan penyebab. Jenis blok kode ini sangat kuat jika Anda menggabungkannya dengan variabel dan/atau operator. Blok kode ini diberi kode warna kuning.
Pada versi Scratch sebelumnya yaitu Scratch 1.4, blok kontrol disertakan dalam blok peristiwa itu sendiri.
Saat ini, terdapat total 11 blok kontrol: 1 blok topi, 5 blok C, 3 blok tumpukan, dan 2 blok tutup.
Blok topi adalah blok yang memulai skrip saat peristiwa tertentu terjadi. Blok C berbentuk seperti huruf C, yang dapat digunakan untuk meletakkan blok kode lain di dalamnya. Blok tumpukan adalah blok berbentuk persegi panjang yang dibentuk agar pas di atas dan di bawah blok lain, dan blok topi dirancang sedemikian rupa untuk mencegah blok diletakkan di bawahnya.
Blok Kontrol “Tunggu () Detik”
Blok Kontrol “Ulangi ()”
Blok Kontrol “Selamanya”
Blok Kontrol “Jika Maka”
Blok Kontrol “Jika Maka Lain”
Blok Kontrol “Tunggu Sampai”
Blok Kontrol “Ulangi Hingga”
Blok Kontrol “Berhenti ()”
Blok Kontrol “Saat Saya Memulai Sebagai Klon”
Blok Kontrol “Buat klon dari ()”
Blok Kontrol “Hapus Klon Ini”
Bagaimana cara menggunakan Blok Kontrol di Scratch?
Blok kontrol ini menjeda skrip selama beberapa detik tertentu yang juga dapat berupa angka desimal.
Blok kontrol ini digunakan untuk menentukan bahwa kode dalam blok pengulangan akan berjalan sejumlah kali yang ditentukan (10 kali dalam contoh di bawah). Blok di dalam blok ini akan berulang selama jangka waktu yang ditentukan. Jika desimal ditambahkan, maka angka tersebut dibulatkan ke atas.
Blok ini akan menempatkan blok yang ditempatkan di dalam blok dalam loop selamanya. Mirip dengan blok “repeat ()” dan “repeat until ()” kecuali fakta bahwa loop tidak akan pernah berakhir kecuali Anda menekan tanda berhenti.
Blok kontrol ini adalah blok boolean yang berarti jika kondisi di dalam blok tersebut benar maka blok-blok di dalamnya akan berjalan. Jika kondisinya salah maka blok-blok di dalam blok kontrol “if then” akan diabaikan.
Blok kontrol ini adalah blok kondisional dan digunakan untuk melakukan tindakan tertentu hanya jika kondisi yang diperlukan terpenuhi atau melakukan tindakan alternatif yang ditetapkan pada blok else.
Blok ini adalah blok jeda dalam pemrograman Scratch. Blok ini dapat digunakan untuk menghentikan sementara eksekusi kode selama jangka waktu tertentu atau hingga kondisi tertentu terpenuhi.
Dalam blok kontrol jenis ini, blok-blok di dalam blok ini akan berulang hingga pernyataan yang ditentukan bernilai benar, dan dalam hal ini kode di bawah blok, jika ada, akan dieksekusi.
Bergantung pada apa yang dipilih dari menu drop-down, kontrol ini akan menghentikan opsi tertentu. Opsinya adalah semua, skrip ini, dan skrip lain dalam sprite.
Skrip yang dilampirkan ke blok kontrol ini akan diaktifkan oleh klon saat klon dibuat.
Blok kontrol ini membuat klon sprite dalam argumen.
Blok kontrol ini menghapus klon yang dijalankannya. Selain mengklik bendera hijau atau tanda berhenti, blok ini adalah satu-satunya cara untuk menghapus klon.
Di Scratch , blok kontrol adalah jenis blok di palet blok. Jenis blok ini mengontrol pergerakan sprite dalam proyek Scratch. Untuk menggunakan blok ini, cukup seret dan letakkan blok di bawah blok kontrol ke editor. Jika Anda telah menambahkan blok yang tidak Anda inginkan lagi, klik kanan pada blok tersebut dan klik opsi "hapus blok".
Mengenal Block Gerak
Apa Itu Blok Gerakan dalam Pemrograman Scratch?
Blok Gerakan adalah salah satu dari sembilan kategori blok kode dalam pemrograman Scratch. Blok-blok ini berwarna biru dan mengontrol pergerakan sprite dalam proyek Scratch. Tidak ada blok gerakan untuk panggung, jadi blok ini tidak dapat digunakan untuk itu. Ada total 18 blok gerakan, yang terbagi menjadi 15 blok stack dan 3 blok reporter.
Jenis Blok Gerakan:
Blok Stack:
Blok stack berbentuk persegi panjang dan dirancang untuk diletakkan di atas atau di bawah blok lain. Blok ini menyusun urutan perintah dalam skrip sehingga mereka dieksekusi satu per satu.
Blok Reporter:
Blok reporter melaporkan nilai dan tidak bisa diletakkan di atas atau di bawah blok lain. Blok ini memberikan data atau informasi, seperti posisi sprite atau arah sprite.
Blok gerakan memungkinkan Kamu untuk mengontrol bagaimana sprite bergerak di panggung, seperti menggerakkan, memutar, atau mengubah posisi sprite. Blok-blok ini sangat penting dalam membuat animasi, permainan, dan proyek interaktif di Scratch.
Blok Gerakan "Move () Steps"
Blok "Move () Steps" di Scratch digunakan untuk menggerakkan sprite sejauh sejumlah langkah tertentu. Fungsi dari blok ini adalah sebagai berikut:
Fungsi: Memindahkan sprite ke depan dalam arah yang dihadapinya.
Parameter:
Jumlah Langkah (Steps): Menentukan seberapa jauh sprite akan bergerak. Nilai default adalah 10 langkah, tetapi Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan.
Langkah: Satu langkah setara dengan panjang satu piksel.
Cara Kerja:
Arah Gerakan: Sprite akan bergerak ke arah yang sedang dihadapinya saat blok ini dijalankan.
Pengaturan Langkah: Anda dapat mengubah jumlah langkah untuk mengatur seberapa jauh sprite bergerak. Misalnya, jika Anda mengatur nilai menjadi 20, sprite akan bergerak dua kali lebih jauh daripada jika nilai default 10 digunakan.
Contoh Penggunaan: Jika Anda menggunakan blok "Move 10 Steps" dalam proyek Scratch Anda, sprite akan bergerak maju sejauh 10 piksel. Jika Anda mengganti nilai menjadi "Move 50 Steps", sprite akan bergerak maju sejauh 50 piksel.
Blok ini sangat berguna untuk menciptakan animasi sederhana dan gerakan dalam permainan atau proyek Scratch lainnya.
Blok Gerakan "Turn Right () Degrees" dan "Turn Left () Degrees"
1. Blok "Turn Right () Degrees" (Putar Kanan () Derajat)
Fungsi: Digunakan untuk memutar sprite dengan sudut tertentu searah jarum jam (clockwise). Ini mengubah arah sprite dengan sejumlah derajat yang ditentukan. Kamu juga bisa mengubah derajat sesuai kebutuhanmu.
2. Blok "Turn Left () Degrees" (Putar Kiri () Derajat)
Fungsi: Digunakan untuk memutar sprite dengan sudut tertentu berlawanan arah jarum jam (anti-clockwise). Ini mengubah arah sprite dengan sejumlah derajat yang ditentukan. Kamu juga bisa mengubah derajat sesuai kebutuhanmu.
.
Blok Gerakan “Pergi Ke ()”
Ini digunakan untuk memindahkan sprite ke posisi tertentu di panggung. "Go to random position" memungkinkan sprite untuk bergerak ke opsi yang dipilih dari menu drop-down. Ada dua opsi yang dapat Anda pilih dari menu drop-down di blok ini, posisi acak, dan penunjuk tetikus. Di sini, posisi acak dipilih yang berarti sprite dapat bergerak ke posisi acak saat bendera hijau diklik.
“Pergi ke x: () y: () “
"Go to x, y" memungkinkan sprite untuk bergerak ke koordinat yang telah Anda tulis dan pilih di blok. Blok ini tidak memiliki animasi dan merupakan cara paling sederhana untuk menggerakkan sprite Anda tanpa animasi apa pun.
Blok Gerakan “Glide () Detik Ke ()”
Ini digunakan untuk menggerakkan sprite, dengan kecepatan tetap, ke posisi tertentu yang disebutkan dalam blok, dalam waktu yang ditentukan, dalam gerakan meluncur.
“Glide () Detik ke x: () y: ()” Blok Gerakan
Ini digunakan untuk menggerakkan sprite, dengan kecepatan tetap, ke koordinat x dan y yang dipilih dalam waktu yang disebutkan dalam blok, dalam waktu yang ditentukan, dalam gerakan meluncur.
Blok Gerak “Titik dalam arah ()”
Blok ini memutar sprite ke arah tertentu. Nilai default adalah 90 dan dapat diedit.
Blok Gerakan “Menunjuk ke ()”
Blok ini mengarahkan sprite ke arah penunjuk tetikus atau pusat khusus sprite lain.
Blok Gerakan “Ubah x” dan “Ubah y”
Dengan menggunakan blok ini Anda dapat mengubah koordinat sprite sepanjang sumbu x atau sumbu y, tergantung blok mana yang Anda pilih.
Blok Gerak “Set x” dan “Set y”
Blok-blok ini memungkinkan Anda untuk mengatur posisi sprite di sepanjang sumbu x atau sumbu y. Jika Anda mengatur angka sebagai 0 di blok, maka sprite akan tetap berada di tengah sumbu.
Blok Gerakan “Jika Di Tepi, Pantulkan”
Ini adalah salah satu blok gerakan paling populer yang digunakan dalam desain permainan. Jika sprite menyentuh salah satu sisi panggung, sprite akan memantul kembali ke panggung.
Blok Gerak “Atur Gaya Rotasi”
Di blok ini, Anda akan menemukan tiga opsi di menu drop-down;
-kiri-kanan
-jangan putar
-semuanya
Anda dapat memilih opsi mana saja. Blok ini akan memungkinkan Anda untuk memutar dan menggerakkan sprite Anda ke arah mana pun yang Anda pilih.
Blok Gerak “posisi x” dan “posisi y”
Saat menggunakan variabel, Anda dapat memilih dua blok ini untuk mengatur posisi pada sumbu x atau sumbu y.
Blok Gerak “Arah”
Blok ini memungkinkan Anda memilih arah sebagai variabel.
Bagaimana Cara Menggunakan Blok Gerak di Scratch?
Di Scratch , blok gerakan adalah jenis blok di palet blok. Jenis blok ini digunakan untuk mengendalikan gerakan sprite. Blok ini hanya dapat digunakan untuk sprite dan bukan latar belakang, dan latar belakang tidak memiliki gerakan. Untuk menggunakan blok ini, cukup seret dan letakkan blok di bawah blok kontrol ke editor. Jika Anda telah menambahkan blok yang tidak Anda inginkan lagi, klik kanan pada blok tersebut dan klik opsi "hapus blok".
Apa Saja Blok Peristiwa dalam Pemrograman Scratch?
Peristiwa merupakan salah satu dari sepuluh kategori blok di Scratch dan merupakan salah satu set blok yang paling penting. Blok peristiwa digunakan untuk menentukan pemicu saat skrip harus dijalankan. Semua blok lainnya tidak akan memiliki arti hingga blok peristiwa digunakan untuk menentukan kapan skrip harus dijalankan. Blok-blok ini berwarna kuning dan pada dasarnya digunakan untuk menjalankan skrip, sehingga menjadikannya penting dalam setiap proyek Scratch.
Total ada delapan blok peristiwa; enam blok topi dan dua blok tumpukan. Blok topi adalah blok yang memulai skrip saat peristiwa tertentu terjadi, dan blok tumpukan adalah blok berbentuk persegi panjang yang dibentuk agar pas di atas dan di bawah blok lainnya. Di Scratch 1.4, blok peristiwa dimasukkan di bawah blok kontrol, dan di Scratch 2.0 disebut "pemicu". Nama tersebut diubah menjadi blok peristiwa pada Scratch Day 2012.
Mari kita lihat beberapa blok acara populer;
Ketika Bendera Hijau Diklik Acara Blok
Bila blok peristiwa ini diletakkan di atas suatu fungsi, skrip akan dapat berjalan setiap kali bendera hijau diklik. Bendera hijau terletak di sisi kiri atas, di atas area panggung. Tanpa blok ini, satu-satunya cara Anda dapat menjalankan skrip adalah secara manual, artinya Anda harus menekan tombol tertentu atau mengeklik sprite.
Saat Tombol X Ditekan Blok Peristiwa
Setiap skrip yang ditempatkan di bawah blok ini akan diaktifkan saat tombol yang ditentukan ditekan.
Saat Latar Belakang Beralih ke Blok Acara
Skrip yang berada di bawah blok peristiwa ini akan dipicu saat latar belakang yang ditentukan diaktifkan di panggung.
Blok Pesan Siaran dan Acara Tunggu
Blok peristiwa ini akan mengirimkan pesan siaran melalui proyek Scratch.
Apa Saja Blok Looks dalam Pemrograman Scratch?
Blok tampilan digunakan untuk menentukan tampilan sprite dan latar belakang. Kode blok ini berwarna ungu. Ada 20 blok Tampilan di Scratch; 17 blok tumpukan dan 3 blok reporter.
Blok tumpukan adalah blok berbentuk persegi panjang yang dibentuk agar pas di atas dan di bawah blok lain, dan blok pelapor adalah blok yang melaporkan nilai, dan blok ini tidak dapat ditempatkan di atas atau di bawah blok mana pun. 14 blok tampilan dapat digunakan untuk sprite dan 4 untuk panggung. Blok tampilan juga memiliki blok yang memungkinkan Anda menampilkan teks.
Mari kita lihat beberapa blok tampilan yang populer;
Katakan dan Pikirkan Tampilan Blok
Blok ucapan dapat digunakan untuk mewakili ucapan oleh sprite. Blok ini menampilkan blok ucapan tertentu dalam gelembung ucapan yang muncul di layar selama jangka waktu tertentu. Blok pikiran mewakili pikiran sprite sebagai teks dalam gelembung pikiran selama jangka waktu tertentu.
Ganti Blok Tampilan Kostum
Ini digunakan untuk mengubah kostum sprite. Blok ini sangat berguna untuk menunjukkan gerakan sprite, seperti burung yang mengepakkan sayapnya, di mana setiap kostum dapat didefinisikan sebagai tahap gerakan dalam penerbangan burung tersebut.
Ubah Efek Berdasarkan Blok Tampilan
Blok ini digunakan untuk mengubah warna, kecerahan, atau pikselasi sprite. Ada tujuh efek berbeda yang dapat Anda pilih, yaitu: warna, mata ikan, pusaran, pikselasi, mosaik, kecerahan, dan hantu.
Apa saja blok suara dalam Scratch?
Blok suara di Scratch memungkinkan Anda untuk mengontrol suara dalam proyek Scratch. Blok tersebut digunakan untuk menambahkan dan mengontrol suara sprite atau latar belakang. Blok ini berwarna merah muda atau magenta. Ada total 9 blok dalam blok suara; 8 blok tumpukan dan 1 blok reporter.
Blok tumpukan adalah blok berbentuk persegi panjang yang dibentuk agar pas di atas dan di bawah blok lain, dan blok pelapor adalah blok yang melaporkan suatu nilai, dan blok ini tidak dapat ditempatkan di atas atau di bawah blok mana pun. Setiap sprite dan latar belakang dilengkapi dengan suara default-nya sendiri, dan Anda dapat mengedit suara ini. Klik di sini untuk menambahkan, membuat, dan mengedit suara dalam proyek Scratch.
Mari kita lihat beberapa blok suara yang populer;
Putar suara () sampai selesai
Blok suara ini akan memainkan suara tertentu, misalnya, suara "mantra ajaib", hingga selesai. Blok suara mulai dan putar akan memungkinkan Anda untuk memulai dan memainkan suara tertentu untuk sprite atau latar belakang, dan blok hentikan semua suara akan memungkinkan Anda untuk menghentikan semua suara dalam proyek Scratch sekaligus.
Suara awal ()
Blok ini memainkan suara yang ditentukan dan mengeksekusi skrip. Sebelumnya, blok ini diberi nama “Play sound ()”.
Hentikan semua suara
Blok ini akan membantu menghentikan semua suara yang dimainkan pada semua sprite dan panggung.
Ubah efek () dengan ()
Blok ini digunakan untuk mengubah nada pada titik tertentu yang disebutkan.
Atur efek () ke ()
Blok ini menetapkan efek suara yang ditentukan untuk semua suara yang dimainkan dalam sprite tersebut dalam jumlah yang ditentukan.
Efek suara yang jelas
Blok ini menghapus semua efek suara yang ada melalui blok efek suara.
Ubah volume dengan ()
Blok suara ini mengubah volume sprite dengan jumlah yang disebutkan.
Atur Volume ke ()
Ini digunakan untuk mengatur volume efek suara ke tingkat yang diinginkan.
Volume
Blok ini adalah blok suara dan blok reporter yang berarti bahwa blok ini menyimpan volume klon atau panggung sprite.
Apa Saja Blok Penginderaan di Scratch?
Blok penginderaan merupakan salah satu dari sembilan kategori blok dalam pemrograman Scratch. Blok-blok tersebut berwarna cyan dan digunakan untuk mendeteksi berbagai faktor dalam suatu proyek . Blok-blok ini digunakan untuk mengidentifikasi dan mengukur bagaimana objek-objek dalam suatu proyek berinteraksi satu sama lain atau untuk mendeteksi gerakan keyboard dan mouse tertentu. Blok ini memiliki total 18 blok; 3 blok tumpukan, 5 blok boolean, dan 10 blok reporter.
Blok tumpukan adalah blok berbentuk persegi panjang yang dibentuk agar pas di atas dan di bawah blok lainnya. Blok Boolean adalah blok heksagonal memanjang yang melaporkan nilai benar atau salah, dan blok pelapor adalah blok yang melaporkan suatu nilai. Blok ini tidak dapat ditempatkan di atas atau di bawah blok lainnya.
Blok Penginderaan di Scratch
Beberapa blok penginderaan penting di Scratch adalah:
Menyentuh ()?
Blok penginderaan ini memeriksa apakah sprite menyentuh penunjuk tetikus, tepi, atau sprite lain. Jika sprite menyentuh item yang dipilih, blok akan menampilkan true, jika tidak, blok akan menampilkan false.
Menyentuh Warna
Blok ini adalah blok bertipe boolean. Blok ini memeriksa apakah sprite menyentuh tepi, penunjuk tetikus, atau sprite lain. Jika sprite menyentuh objek yang dipilih, maka blok akan melaporkan benar; jika tidak, maka blok akan melaporkan salah.
Warna () Menyentuh ()?
Blok penginderaan ini memeriksa apakah warna pada sprite bersentuhan dengan warna lain. Jika iya, maka blok akan melaporkan benar. Jika tidak, maka blok akan melaporkan salah.
Jarak Ke ()
Blok ini merupakan blok penginderaan sekaligus blok pelapor. Blok ini digunakan untuk menghitung dan melaporkan jarak dalam piksel antara sprite. Blok berikutnya peka huruf besar-kecil.
Tanya () dan Tunggu
Seperti namanya, blok ini digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan menyimpan informasi untuk diambil kemudian dan ditampilkan di layar saat dibutuhkan. Pertanyaan muncul dalam balon suara di layar. Program akan menunggu Anda untuk memberikan respons.
Menjawab
Blok penginderaan ini mengembalikan teks terbaru yang dimasukkan dengan blok “Ask () dan Wait”. Blok ini sangat berguna jika skrip harus merujuk ke apa yang telah dimasukkan.
Tombol () Ditekan?
Blok penginderaan ini memeriksa apakah tombol yang ditentukan ditekan atau tidak. Jika tombol ditekan, blok akan melaporkan benar; jika tidak, blok akan melaporkan salah.
Mouse mati?
Blok penginderaan ini melaporkan apakah mouse komputer ditekan atau tidak.
Tikus X
Blok penginderaan ini melaporkan lokasi penunjuk tetikus saat ini.
Tikus Y
Blok penginderaan ini melaporkan lokasi penunjuk tetikus saat ini atau posisi vertikal kursor.
Atur Mode Seret ()
Blok penginderaan ini mengatur sprite agar dapat diseret atau tidak dapat diseret.
Kekerasan
Blok penginderaan melaporkan seberapa keras suara yang diterima mikrofon pada skala 0 hingga 100. Blok ini dapat digunakan dengan mikrofon.
Pengatur waktu
Blok penginderaan ini melaporkan waktu terakhir pengatur waktu disetel ulang atau jumlah waktu proyek dimuat.
Atur Ulang Pengatur Waktu
Blok penginderaan ini mengatur ulang nilai waktu ke 0,0.
() dari ()
Blok penginderaan ini akan melaporkan nilai yang ditentukan dari sprite atau tahapan yang ditentukan.
Tahun Sekarang
Blok penginderaan ini akan melaporkan tahun, bulan, hari dalam seminggu, jam, menit, atau detik, tergantung pada argumennya.
Hari-hari Sejak Tahun 2000
Blok penginderaan ini melaporkan jumlah hari sejak 00:00:00 1 Januari 2000 (UTC).
Nama belakang
Blok penginderaan ini melaporkan nama pengguna yang melihat proyek yang dapat digunakan untuk menyimpan kemajuan proyek.
Apa itu blok Operator di Scratch?
Blok operator digunakan untuk menulis persamaan matematika dan penanganan string. Misalnya, Anda dapat menggunakan blok operator untuk menggabungkan dua angka, atau mencari huruf dalam sebuah kata.
Ada total 9 kategori blok di Scratch: Gerakan, Tampilan, Suara, Peristiwa, Kontrol, Penginderaan, Operator, Variabel, dan Blok Saya. Setiap blok memiliki fungsi, karakteristik, dan penggunaan yang terpisah sesuai dengan kebutuhan proyek. Blok operator di Scratch adalah salah satu dari 9 kategori blok di Scratch. Blok Operator adalah blok berwarna hijau muda yang secara khusus digunakan untuk melakukan operasi matematika dan penanganan string.
Dalam Scratch versi terkini dan terbaru , terdapat total 18 blok operator, yang mana 7 blok merupakan blok Boolean dan 11 blok sisanya merupakan blok reporter. Blok Boolean merupakan blok heksagonal memanjang yang digunakan untuk melaporkan nilai Boolean saja ('benar' atau 'salah' ATAU 1 atau 0, tergantung pada persyaratan), sedangkan blok Reporter merupakan blok yang digunakan untuk melaporkan nilai yang dapat berupa angka atau string.
Biasanya, blok dalam Scratch dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat ditempatkan di atas atau di bawah blok lain untuk melengkapi pengkodean, tetapi semua blok operator dirancang sedemikian rupa sehingga tidak dapat ditempatkan di atas atau di bawah blok lain.
Sekarang, mari kita lihat semua Blok Operator di Scratch secara terpisah.
Blok operator “() + ()”
Blok operator ini digunakan untuk menambahkan dua nilai dan kemudian melaporkan hasilnya. Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
Blok operator “() – ()”
Blok operator ini digunakan untuk mengurangi nilai kedua dari nilai pertama dan kemudian melaporkan hasilnya. Blok ini termasuk dalam kategori blok pelapor. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
Blok operator “() * ()”
Blok operator ini digunakan untuk mengalikan dua nilai dan kemudian melaporkan hasilnya. Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
Blok operator “() / ()”
Blok operator ini digunakan untuk membagi nilai kedua dari nilai pertama dan kemudian melaporkan hasilnya. Blok ini termasuk dalam kategori blok pelapor. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
Jika nilai pertama yang dimasukkan tidak habis dibagi oleh nilai kedua, maka nilai yang dilaporkan akan memiliki desimal. Untuk menemukan sisa yang tepat dalam kasus ini, Anda dapat menggunakan blok operator “() Mod()”.
Blok operator “Pilih Acak () ke ()”
Blok operator ini mengembalikan nilai acak, termasuk angka pertama dan kedua yang diberikan padanya. Jika kedua angka yang diberikan pada blok tersebut adalah bilangan bulat, maka angka yang akan dikembalikan juga akan berupa bilangan bulat. Misalnya, jika angka yang diberikan adalah 2 dan 5, maka angka yang dikembalikan akan berupa 2, 3, 4, atau 5.
Demikian pula, jika kedua angka yang diberikan ke blok adalah angka float, maka angka yang akan dikembalikan juga akan berupa angka float. Misalnya, jika angka yang diberikan adalah 0,5 dan 0,15, maka angka yang dikembalikan akan berupa angka antara 0,5 dan 0,15, hingga 17 digit setelah desimal.
Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter dan nilai-nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok-blok tersebut. Meskipun, angka default untuk blok ini adalah 1 dan 10.
Blok operator “() > ()”
Blok operator ini melaporkan “benar” jika nilai pertama yang dimasukkan lebih besar dari nilai kedua dan jika nilai pertama yang dimasukkan tidak lebih besar dari nilai kedua, maka akan melaporkan “salah”. Blok ini juga digunakan untuk membandingkan string.
Blok ini termasuk dalam kategori blok Boolean dan nilai-nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok-blok tersebut. Meskipun, angka default untuk blok ini adalah 50 dan angka pertama yang dimasukkan selalu dibandingkan dengan 50, secara default.
Blok operator “() < ()”
Blok operator ini melaporkan “benar” jika nilai pertama yang dimasukkan lebih kecil dari nilai kedua dan jika nilai pertama yang dimasukkan tidak lebih kecil dari nilai kedua, maka akan melaporkan “salah”. Blok ini juga digunakan untuk membandingkan string.
Blok ini termasuk dalam kategori blok Boolean dan nilai-nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok-blok tersebut. Meskipun, angka default untuk blok ini adalah 50 dan angka pertama yang dimasukkan selalu dibandingkan dengan 50, secara default.
Blok operator “() = ()”
Blok operator ini digunakan untuk memeriksa apakah nilai pertama yang dimasukkan sama dengan nilai kedua. Blok ini akan memberikan nilai “benar” jika nilai pertama yang dimasukkan sama dengan nilai kedua, dan jika nilai pertama yang dimasukkan tidak sama dengan nilai kedua, maka blok ini akan memberikan nilai “salah”. Blok ini juga digunakan untuk membandingkan string.
Blok ini termasuk dalam kategori blok Boolean dan nilai-nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok-blok tersebut. Meskipun, angka default untuk blok ini adalah 50 dan angka pertama yang dimasukkan selalu dibandingkan dengan 50, secara default.
Blok operator “() dan ()”
Blok operator ini menggabungkan dua blok Boolean dan jika kedua blok bernilai benar, maka akan mengembalikan “benar” dan jika salah satu blok bernilai salah, maka akan mengembalikan “salah”. Blok ini termasuk dalam kategori blok Boolean dan nilai-nilai dapat ditambahkan langsung ke blok-blok tersebut.
Blok operator “() atau ()”
Blok operator ini menggabungkan dua blok Boolean dan jika kedua blok bernilai benar atau salah satu blok juga bernilai benar, maka akan mengembalikan “benar” dan jika kedua blok bernilai salah, maka akan mengembalikan “salah”.
Blok ini termasuk dalam kategori blok Boolean dan nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok.
Blok operator “tidak ()”
Blok operator ini mengembalikan nilai Boolean yang berlawanan dengan input yang diberikan. Jika input diberikan sebagai “benar”, maka akan mengembalikan “salah” dan jika input diberikan sebagai “salah”, maka akan mengembalikan “benar”.
Blok ini termasuk dalam kategori blok Boolean dan nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok.
Blok operator “join()()”
Blok operator ini menggabungkan atau menautkan dua nilai yang diberikan sebagai input dan kemudian melaporkan hasilnya. Misalnya, jika dua nilai yang diberikan adalah "bahagia" dan "pagi", maka hasil akhirnya adalah "bahagiapagi".
Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter dan nilai-nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok-blok tersebut. Meskipun, nilai-nilai default untuk blok ini adalah apel dan pisang.
Blok operator “huruf () dari ()”
Blok operator ini melaporkan karakteristik tertentu dari input yang diberikan. Kunci ini tidak hanya terbatas pada huruf, tetapi juga akan melaporkan karakter, angka, dan spasi.
Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter dan nilai-nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok-blok tersebut. Meskipun, nilai default untuk blok ini adalah 1 dan apple.
Blok operator “panjang ()”
Blok operator ini melaporkan jumlah karakter yang terkandung dalam string (input) tertentu.
Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter dan nilai-nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok-blok tersebut. Meskipun, nilai default untuk blok ini adalah apple.
“() berisi ()?” Blok operator
Blok operator ini digunakan untuk membandingkan teks parameter pertama dengan teks parameter kedua. Blok ini membandingkan dan mengembalikan apakah teks parameter pertama memuat teks parameter kedua atau tidak.
Blok ini termasuk dalam kategori blok Boolean dan nilai-nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok-blok tersebut. Meskipun, nilai default untuk blok ini adalah apple dan a.
Blok operator “() mod()”
Blok operator ini melaporkan sisa yang diperoleh ketika masukan pertama dibagi dengan masukan kedua.
Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter dan nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok.
Blok operator “round()”
Blok operator ini membulatkan input (angka) yang diberikan ke bilangan bulat terdekat. Jika input yang diberikan adalah 0,5 atau lebih dari itu, maka input akan dibulatkan ke atas dan jika inputnya 0,5 atau kurang dari itu, maka input akan dibulatkan ke bawah.
Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter dan nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok.
Blok operator “() dari ()”
Blok operator ini digunakan untuk menjalankan fungsi tertentu pada input tertentu. Fungsi tersebut dapat dipilih dari menu drop-down sesuai kebutuhan.
Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter dan nilainya dapat ditambahkan langsung ke blok.
Bagaimana cara menggunakan blok Operator di Scratch?
Blok operator di Scratch merupakan salah satu dari 9 kategori blok yang tersedia di palet blok. Blok operator digunakan untuk membandingkan variabel dan ekspresi yang diberikan. Untuk menggunakan blok ini, cukup klik tombol “Operator” yang berupa lingkaran berwarna hijau yang tersedia di sisi kiri layar, lalu semua blok yang ada di bawah blok operator akan muncul, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Apa itu blok Variabel di Scratch?
Blok variabel adalah salah satu dari 9 kategori blok di Scratch. Ada satu subkategori blok yang termasuk dalam blok variabel, yang dikenal sebagai blok daftar. Blok Variabel adalah blok berwarna oranye yang secara khusus digunakan untuk melaporkan nilai variabel. Ada satu subkategori blok yang termasuk dalam blok variabel, yang dikenal sebagai blok daftar. Blok Daftar adalah blok berwarna merah tua yang secara khusus digunakan untuk memanipulasi penyimpanan beberapa nilai.
Dalam Scratch , terdapat total 5 blok variabel, yang mana 4 blok merupakan blok Stack dan 1 blok sisanya merupakan blok reporter, sedangkan terdapat total 12 blok daftar, yang mana 7 blok merupakan blok Stack, 4 blok merupakan blok reporter, dan 1 blok sisanya merupakan blok Boolean.
Blok tumpukan merupakan blok persegi panjang yang dirancang agar sesuai di atas atau di bawah blok lain, blok Boolean merupakan blok heksagonal memanjang yang digunakan untuk melaporkan nilai Boolean saja ('benar' atau 'salah' ATAU 1 atau 0, bergantung pada persyaratan), dan blok Reporter merupakan blok yang digunakan untuk melaporkan nilai yang dapat berupa apa saja mulai dari angka hingga string.
Mari kita lihat masing-masing blok Variabel secara terpisah dan memahami fungsinya.
Blok variabel “()”
Blok variabel ini hanya menampung variabel tersebut. Setiap kali variabel dibuat, nama variabel akan muncul di blok ini. Blok ini termasuk dalam kategori blok reporter.
Blok variabel “atur () ke ()”
Blok variabel ini digunakan untuk menetapkan variabel tertentu ke nilai, angka, atau string tertentu. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai default untuk blok ini adalah nama variabel dan 0.
“ubah () dengan ()” Blok variabel
Blok variabel dalam Scratch ini digunakan untuk mengubah variabel tertentu ke jumlah atau string tertentu. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai default untuk blok ini adalah nama variabel dan 1.
“tampilkan variabel ()” Blok variabel
Blok variabel ini digunakan untuk menampilkan variabel yang ditentukan pada stage atau layar utama. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai default untuk blok ini adalah nama variabel.
“sembunyikan variabel ()” Blok variabel
Blok variabel ini bekerja dengan cara yang berlawanan dengan blok “show variable ()”. Blok ini digunakan untuk menyembunyikan variabel yang ditentukan di panggung atau layar utama. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai default untuk blok ini adalah nama variabel.
Sekarang, mari kita lihat semua Blok Daftar secara terpisah.
Blok daftar “()”
Blok daftar ini hanya melaporkan item dalam daftar sebagai string. Setiap kali daftar dibuat, nama daftar akan muncul di blok ini. Blok ini termasuk dalam kategori blok pelapor.
“tambahkan () ke ()” Blok Daftar
Blok daftar ini digunakan untuk menambahkan input yang diberikan ke akhir daftar yang ditentukan. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“hapus () dari ()” Daftar Blok
Blok daftar ini digunakan untuk menghapus input yang diberikan dari daftar yang ditentukan. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“hapus semua ()” Daftar blok
Blok daftar ini digunakan untuk menghapus semua item dari daftar yang ditentukan. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“masukkan () di () dari ()” Blok daftar
Blok daftar ini digunakan untuk memasukkan item yang berisi input yang diberikan ke dalam daftar pada posisi yang ditentukan. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“ganti item () dari () dengan ()” Blok daftar
Blok daftar ini digunakan untuk mengganti item tertentu dengan input terakhir yang diberikan. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“item () dari ()” Blok daftar
Blok daftar ini digunakan untuk melaporkan nilai item tertentu yang diberikan sebagai input dari daftar tertentu. Blok ini termasuk dalam kategori blok pelapor. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“item # () di ()” Blok daftar
Blok daftar ini digunakan untuk melaporkan indeks daftar tempat item yang ditentukan pertama kali muncul. Jika item tidak ada dalam daftar, maka akan dilaporkan 0. Blok ini termasuk dalam kategori blok pelapor. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“panjang ()” Blok daftar
Blok daftar ini digunakan untuk melaporkan jumlah item yang ada dalam daftar tertentu. Blok ini termasuk dalam kategori blok pelapor. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“() berisi ()?” Blok daftar
Blok daftar ini digunakan untuk memeriksa apakah item yang ditentukan dalam daftar yang diberikan sama dengan input yang diberikan. Jika salah satu item dalam daftar sama dengan input yang diberikan, maka akan mengembalikan "benar", jika tidak maka akan mengembalikan "salah". Blok ini termasuk dalam kategori blok Boolean. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“tampilkan daftar ()” Blok daftar
Blok daftar ini digunakan untuk menampilkan daftar yang ditentukan pada panggung atau layar utama. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
“sembunyikan daftar ()” Blok daftar
Blok daftar ini digunakan untuk menyembunyikan daftar yang ditentukan pada panggung atau layar utama. Blok ini termasuk dalam kategori blok tumpukan. Nilai dapat ditambahkan langsung ke blok.
Bagaimana cara menggunakan blok Variabel di Scratch?
Blok variabel di Scratch adalah salah satu dari 9 kategori blok yang tersedia di palet blok. Blok variabel digunakan untuk melaporkan nilai suatu variabel.
Untuk menggunakan blok ini, cukup klik tombol “Variabel” yang berupa lingkaran berwarna oranye yang tersedia di sisi kiri layar, lalu semua blok yang ada di bawah blok operator akan muncul, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Editor Goresan
Anda bahkan dapat membuat variabel baru atau mengubah nama variabel yang sudah ada dengan mengklik opsi “Buat Variabel” yang tersedia di sisi kiri layar, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Apa itu Blok Kustom di Scratch?
Blok kustom di Scratch adalah jenis blok kode khusus yang memungkinkan Anda membuat fungsi, metode, dan prosedur sendiri yang dapat digunakan dalam proyek apa pun yang Anda inginkan. Blok kustom merupakan cara yang hebat untuk membuat program Anda lebih terorganisasi dan efisien.
Blok kustom berguna saat Anda menulis program dengan blok kode besar yang diulang beberapa kali di seluruh program. Membuat blok kustom sendiri dapat membuat kode lebih mudah dibaca dan memungkinkan Anda menggunakan kembali kode di beberapa tempat di seluruh proyek.
Bagaimana Cara Membuat Blok Kustom di Scratch?
Untuk membuat blok khusus di Scratch, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:
Langkah 1: Buka Scratch dan klik bagian “My Block” yang berupa kotak berwarna merah muda yang tersedia di sisi kiri.
Langkah 2: Klik tab “Buat Blok” untuk membuat blok khusus Anda.
Langkah 3: Saat Anda mengklik tab “Buat Blok”, layar berikut akan muncul di mana Anda dapat membuat blok khusus.
Langkah 4: Sekarang, klik opsi pertama untuk menambahkan nomor ke blok khusus Anda.
Langkah 5: Klik opsi kedua untuk menambahkan nilai Boolean ke blok khusus Anda.
Langkah 6: Klik opsi ketiga untuk menambahkan label ke blok khusus Anda.
Langkah 7: Setelah membuat blok khusus, klik “OK” untuk melihat blok khusus Anda di palet blok dan menggunakannya.
Langkah 8: Setelah Anda membuat blok kustom, Anda dapat menggunakannya dalam proyek apa pun yang Anda inginkan. Cukup seret dari Palet Blok ke Area Skrip (Area Kode), dan kode akan otomatis dijalankan saat diklik. Anda juga dapat menambahkannya ke palet kustom Anda sendiri, sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan mudah di proyek mendatang.
Bagaimana cara mengedit blok khusus di Scratch?
Untuk mengedit blok kustom di Scratch, cukup klik kanan pada blok dan pilih opsi "Edit". Ini akan mengarahkan Anda ke halaman awal tempat Anda membuat blok kustom. Sekarang, Anda dapat mengedit blok kustom dengan mudah.
Bagaimana Cara Menghapus Blok Kustom di Scratch?
Untuk menghapus blok khusus di Scratch, cukup klik kanan pada blok tersebut dan pilih opsi “Hapus”.
Penggunaan Blok Kustom di Scratch
Blok khusus digunakan untuk membuat perintah baru, atau mengubah perilaku perintah yang sudah ada.
Mereka digunakan untuk membuat fungsi Anda sendiri. Anda dapat menentukan blok yang mengambil satu atau beberapa argumen, lalu melakukan beberapa perhitungan atau tindakan berdasarkan argumen tersebut.
Blok khusus membantu membuat program Anda lebih ringkas dan lebih mudah dibaca.
Mereka mengendalikan aliran eksekusi dalam program, yang membantu menghindari rangkaian kode panjang yang perlu dieksekusi secara berurutan.
Blok ini digunakan untuk tujuan debugging. Jika Anda menemukan kesalahan dalam program, Anda dapat menambahkan blok debug untuk membantu melacak sumber masalahnya. Blok debugging memungkinkan Anda melihat nilai variabel dan informasi lainnya pada titik tertentu dalam eksekusi program.
Tidak ada komentar
Posting Komentar